Sabtu, 19 Maret 2011

Pengertian, Sifat dan Fungsi Kepramukaan


A.      PENGERTIAN KEPRAMUKAAN.
Kepramukaan bukanlah suatu ilmu yang harus dipelajari secara tekun, bukan pula merupakan  suatu kumpulan dari ajaran-ajaran dan naskah-naskah buku. Tetapi Kepramukaan adalah suatu permainan yang menyenangkan di alam terbuka, tempat orang dewasa dan anak-anak pergi bersama-sama, mengadakan pengembaraan seperti kakak beradik, untuk membina kesehatan dan kebahagiaan, keterampilan dan kesediaan memberi pertolongan.
Hakekat Kepramukaan adalah :
-    Suatu proses pendidikan dalam bentuk kegiatan yang menyenangkan bagi anak dan pemuda dibawah tanggungjawab orang dewasa.
-    Yang dilaksanakan diluar lingkungan pendidikan sekolah dan diluar lingkungan pendidikan keluarga.
-    Dengan menggunakan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metodik Kepramukaaan.

B.  SIFAT KEPRAMUKAAN.
Resolusi Konferensi Kepramukaan sedunia tahun 1924 di Copenhagen – Denmark, menyatakan bahwa Kepramukaan mempunyai tiga sifat, yaitu :
1.   Nasional yang berarti bahwa suatu organisasi yang menyelenggarakan pendidikan Kepramukaan disuatu negara haruslah menyesuaikan pendidikannya itu dengan keadaan, kebutuhan dan kepentingan masyarakat, bangsa dan negara itu.
2.  Internasional yang berarti bahwa organisasi Kepramukaan dinegara manapun didunia ini harus membina dan mengembangkan rasa persaudaraan dan persahabatan antara sesama anggota Pramuka dan sesama manusia, tanpa membedakan  kepercayaan atau agama, golongan, tingkat, suku dan bangsa.
3.       Universal yang berarti bahwa Kepramukaan dapat dipergunakan dimana saja untuk mendidik anak-anak dari bangsa mana saja, yang dalam pelaksanaannya selalu menggunakan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metodik Kepramukaan (PDK dan MK).

C.  FUNGSI KEPRAMUKAAN.
  1.   Kegiatan yang menarik bagi anak dan pemuda.
Kegiatan menarik (Game) disini dimaksudkan kegiatan yang menyenangkan dan mengandung pendidikan. Karena itu game disini berarti permainan yang  mempunyai tujuan dan aturan permainan. Jadi bukab hanya sekedar main-main yang hanya bersifat hiburan saja, tanpa aturan dan tujuan yang tidak bernilai pendidikan. Karena itu lebih tepatnya kita sebut saja kegiatan yang menarik.
  1.   Pengabdian bagi  orang dewasa.
Bagi orang dewasa Kepramukaan bukan lagi permainan, tetapi suatu tugas yang memerlukan keikhlasan, kerelaan, dan pengabdian. Orang dewasa ini mempunyai kewajiban untuk secara sukarela membaktikan dirinya demi suksesnya pencapaian tujuan organisasi.

3.   Alat bagi masyarakat dan organisasi.
Kepramukaan merupakan alat bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setempat dan juga alat bagi organisasi untuk mencapai tujuan organisasinya. Jadi kegiatan Kepramukaan yang diberikan sebagai latihan berkala dalam satuan Pramuka itu sekedar alat saja, bukan tujuan pendidikannya.

ISTILAH GERAKAN PRAMUKA DAN PRAMUKA.
Sesudah kita mengerti bahwa Kepramukaan adalah proses pendidikan, yang dimana-mana di seluruh dunia sama, maka marilah kita pahami apa sebenarnya “Gerakan Pramuka” dan “Pramuka” itu.
Gerakan Pramuka adalah nama organisasi yang merupakan wadah proses pendidikan Kepramukaan yang dilaksanakan di Indonesia. Sebelum tahun 1961 di Indonesia pernah berdiri bernacam-macam Organisasi Kepramukaan seperti Pandu Rakyat Indonesia, Kepanduan Bangsa Indonesia, Hisbul Waton dan lain – lain. Sekarang hanya satu organisasi yang disebut Gerakan Pramuka. Dinegara lain nama organisasi Kepramukaan itu berbeda-beda antara lain : Persatuan Pengakap Malaysia, The Singapore Scout Association , Kapatirang Scouting Philipines, The Bharat Scout And Guides (India), dan Boy Scout of American.
Pramuka merupakan sebutan bagi anggota Gerakan Pramuka yang berusia 7 sampai dengan 25 tahun dan berkedukan sebagai peserta didik, yaitu sebagai Pramuka Siaga, Pramuka Penggalang, Pramuka Penegak, dan Pramuka Pandega. Kelompok anggota yang lain yaitu Pembina Pramuka, Andalan, Pelatih, Pamong Saka, dan staf Kwartir , serta Majelis Pembimbing.
Disamping itu kata Pramuka juga dapat diartikan Praja Muda Karana , yaitu Rakyat yang suka berkarya .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar